Home » , , » Aneh, Keracunan Makanan di Koferensi Keamanan Pangan Nasional

Aneh, Keracunan Makanan di Koferensi Keamanan Pangan Nasional

Written By Mas Aan on Rabu, 30 April 2014 | 23.00

Dinas Kesehatan Kota Baltimore dan Maryland menerima laporan ada lebih dari 100 orang yang sakit setelah menghadiri Konferensi Keamanan Pangan Nasional di Baltimore Convention Center. Konferensi dihadiri lebih dari 1.300 peserta ahli keamanan pangan.

Konferensi Keamanan Pangan Nasional ke-16 ini berlangsung pada 8-10 April dan mengundang peserta dari seluruh aspek industri makanan. Termasuk petani, pengolah, pengecer, distributor, operator pelayanan makanan, regulator, dan akademisi.

Lebih dari 100 orang peserta konferensi mengeluhkan mual, sakit perut, dan diare. Dugaan sementara mereka mengalami keracunan makanan.


Alvina K. Chu, ketua Dinas Investigasi Kesehatan Maryland, mengatakan hingga Selasa (15/04) lalu, para pejabat kesehatan belum menentukan apa yang menyebabkan lebih dari 100 orang peserta itu sakit. Hal ini belum jelas, apakah penyakit itu ditularkan melalui makanan atau dari orang lain.

Awalnya, seminggu setelah konferensi pada 15 dan 16 April lalu, Dinas Kesehatan Kota Baltimore menerima keluhan mual, diare, dan gejala terkait lainnya dari empat orang peserta konferensi. Mereka mengeluh merasa mual, diare, sakit perut, dan gejala terkait lainnya sekitar 12 jam setelah mengonsumsi makanan di Baltimore Convention Center pada (9/04) lalu.

Setelah penyakit dilaporkan, pejabat kesehatan kota langsung memeriksa lokasi dan perusahaan katering makanan, bernama Centerplate pada Rabu (16/04). Mereka melakukan uji coba laboratorium guna penyelidikan lebih lanjut.

Hasil pemeriksaan telah terjadi isu pelanggaran berupa tetesan air dari kondensasi mesin es di dapur, menurut juru bicara dinas kesehatan kota Michael Swartzberg.

Padahal, pejabat kesehatan kota sudah melakukan pemeriksaan rutin terhadap convention center dan perusahaan katering makanan sejak (27/02) lalu. Tidak ditemukan adanya pelanggaran selama pemeriksaan terbaru tersebut.

Departemen kesehatan negara telah mengirimkan survei untuk seluruh peserta konferensi pada (17/04). Sekitar 400 peserta menanggapi, di antaranya lebih dari 100 orang yang melaporkan gejala keracunan makanan. Para pejabat kesehatan mengatakan tidak ada laporan peserta yang dirawat atau meninggal.

Rita Foumia, direktur strategi perusahaan BNP Media, yang menjadi tuan rumah konferensi, mengatakan tidak pernah ada terjadi kasus seperti ini dalam konferensi keamanan pangan. Kasus ini merupakan kasus pertama dalam sejarah konferensi keamanan pangan yang telah digelar sejak 16 tahun lalu.

sumber:http://food.detik.com/read/2014/04/30/152322/2570024/900/100-orang-keracunan-makanan-usai-hadiri-koferensi-keamanan-pangan-nasional-di-baltimore?d992202284
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Sponsor

Video Niche Finder
 
Support : Service Genset Semarang | Peluang Usaha Tour Travel
Copyright © 2013. Mas Aan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger